HONDA MOBIL BRIO

Review Honda Mobil Brio

Demam city car dengan kapasitas mesin rendah mulai bermunculan pada masa 2011-2012. Dan tepat pada tahun 2012, Honda menjawab kebutuhan tersebut dengan melahirkan Honda Brio, dengan mengambil nama Italia yang berarti ceria dan bersemangat. Brio menjadi adik dari Honda Jazz yang sudah malang melintang di dunia otomotif Tanah Air semenjak 2000-an awal.

Untuk menjawab tantangan pemerintah mengenai pengadaan mobil murah dan ramah lingkungan (LCGC), Honda meluncurkan Brio rakitan lokal yang disebut dengan Brio Satya pada September 2013. Baik Honda Brio dan Brio Satya, dibekali dengan mesin berkapasitas 1.2L i-VTEC, yang terkenal tangguh dan irit bahan bakar.



Kelebihan dan Kekurangan Honda Mobil Brio

Performa Impresif dan desain dinamis yang selalu diberikan Honda kepada seluruh variannya, memang menjadi kelebihan tersendiri bagi Honda Brio. Apalagi Brio memiliki tampilan yang sporti, handling ciamik, serta harga yang cukup terjangkau. Faktor-faktor inilah yang menjadikan Brio sebagai mobil pilihan terbaik dibandingkan dengan mobil-mobil sekelasnya. Dibandingkan dengan para kompetitornya, untuk segi keamanan Honda membenamkan Brio dengan teknologi yang sama seperti produk-produk lainnya. Mulai dari sistem pengereman hingga rangka bodi di desain untuk melindungi pengemudi dan penumpang. Untuk kekurangannya sepertinya tak terdapat pada Brio, karena sudah dijejali beragam fitur yang tak terdapat pada kompetitornya.

Spesifikasi dan Performa Honda Mobil Brio

Honda Mobil Brio menggunakan mesin 1.2L, 4 silinder segaris, SOHC, 16 katup, i-VTEC + DBW, dengan kapasitas silindernya 1.198 cc. Sistem asupan bahan bakarnya menggunakan PGM-FI, yang sanggup memuntahkan tenaga sebesar 88 PS (65 kW) pada 6.000 rpm dan torsi puncaknnya mencapai 109 Nm (11.1 kg-m) pada 4.500 rpm. Sistem transmisi yang disodorkan adalah manual 5-percepatan (Brio Satya A, S, E) dan otomatis 5-percepatan (Brio S dan E).

Konsumsi Bahan Bakar

Masuk ke dalam segmen kendaraan city car, Honda Brio mampu tampil cukup impresif dan memiliki efisiensi bahan bakar yang lumayan bagus. Untuk pengendaraan di area perkotaan, konsumsi bahan bakar Brio sanggup mencapai 14.0 km/liter. Sedangkan ketika di pacu ke luar kota, dengan rute jalan tol dan kombinasi, torehan konsumsi bahan bakar Brio berkisar 22.3 km/liter. Hal ini membuktikan kalau keiritan Brio sanggup bersaing dengan para kompetitornya di segmen yang sama.

Fitur Honda Mobil Brio

Meskipun Honda Brio terlihat mungil dan masuk ke dalam segmen kendaraan murah, tapi bukan berarti tak dibekali dengan fitur-fitur yang memadai. Honda sudah memersiapkan Brio dengan fitur-fitur penunjang kenyamanan dan keamanan dalam berkendara, seperti model-model lansiran Honda lainnya.



Fitur Hiburan dan Kenyamanan pada Honda Mobil Brio
 
·         Sistem kemudi tilt steering
·         Power steering
·         Suspensi depan menggunakan MacPherson Strut
·         Suspensi belakang menggunakan H-Shape Torsion Beam
·         ECO indicator

Fitur Keamanan pada Honda Mobil Brio

·         Struktur bodi menggunakan G-CON + ACE
·         Side impact beam
·         Sistem pelindung pejalan kaki
·         Kantong udara ganda (Dual SRS Airbags)
·         Sabuk pengaman tiga titik di depan dan belakang dengan Pretensioner dan Load Limiter
·         Wave key
·         Keyless entry
·         Immobilizer
·         Sistem alarm

Desain Interior Honda Mobil Brio

Memasuki bagian interior Honda Brio, nuansa segar dengan paduan warna beige dan hitam, sukses membuat area kabin terkesan nyaman dan sporti. Meskipun terlihat sempit, ternyata kabin Brio ternyata cukup lapang. Jika ingin menambah kapasitas bagasi, jok di baris kedua bisa dilipat. Inilah yang menjadi keunggulan Brio, di mana suasana nyaman dan aman benar-benar terjaga, sehingga pengemudi dan penumpang tak sadar kalau sedang mengendarai mobil mungil.

Desain Eksterior Honda Mobil Brio
Eksterior sporti menjadi suguhan utama yang bisa ditemukan pada Honda Brio. Tampilannya yang trendi, dengan model lampu depan yang lebar, membuat siapa pun kepincut untuk memilikinya. Beragam fitur untuk menunjang penampilan juga sudah disediakan, sehingga para konsumen tinggal memilih apa yang akan ditambahkan sebagai aksesoris tambahan pada Brio.

Pilihan Warna pada Honda Mobil Brio

Honda Mobil Brio tersedia dalam 6 pilihan warna yang sangat menarik, di antaranya adalah 

Crystal Black Pearl, Alabaster Silver Metallic, Taffeta White, Rallye Red, Crystal Black Pearl, dan Sunset Orange.

Kompetitor Honda Mobil Brio

Berada di segment city car dan LCGC, Honda Brio harus bersaing melawan Toyota Agya, Daihatsu Alya, Suzuki Splash, Kia Picanto, Datsun Go+, dan Mitsubishi Mirage.
Harga Honda Brio dan Ketersediaan Mobil


Harga Honda Mobil Brio yang terbilang cukup terjangkau, dan sudah dibekali dengan beragam fitur penunjang kenyamanan serta keamanan dalam berkendara, membuat mobil ini cukup diminati oleh masyarakat Indonesia. Bentuknya yang mungil, lincah, dan agresif juga menjadi daya pikat utama Brio, yang membuatnya digemari oleh kalangan muda.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »