HONDA MOBIL BRV

Honda BR-V mengadopsi SUV yang dapat mengangkut tujuh penumpang dan berbasis dari platform yang sama dari Brio, yang juga menjadi platform dari MPV Honda Mobilio. BR-V diposisikan Honda untuk menyasar segmen SUV menengah dibawah HR-V. Banderol harganya dibuat untuk menjangkau mereka yang menginginkan SUV dengan harga tidak berselisih jauh dengan mobilio.

Review Honda BR-V di Indonesia

Honda BR-V adalah SUV kompak yang sebelum meluncur di 2015, sempat terlebih dahulu dipamerkan dalam versi konsep di 2015. BR-V adalah singkatan dari Bold Runabout Vehicle. Meskipun dikategorikan sebagai SUV kompak, di Indonesia BRV disebut Honda sebagai Crossover Utility Vehicle atau CUV dengan statusnya sebagai SUV terjangkau.

Honda BR-V berasal dari platform yang sama seperti Honda Brio sehingga memungkinkan untuk berbagi komponen mekanis dan mesin. Ini didasarkan pada filosofi "Active Solid Motion" untuk terlihat premium dan tangguh di kelasnya.

Pada 29 Juni 2015, BR-V dipamerkan untuk pertama kali di gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) dan Indonesia International Motor Show (IIMS) di Indonesia. BRV menjadi model ketiga yang lahir dari pengembangan Honda Research and Development (R&D) Asia Pasifik Co Ltd (HRAP), Thailand serta divisi R&D Honda Indonesia.

Menurut Tomoki Uchida, bos Honda Prospect Motor BR-V akan berfungsi sebagai jawaban atas meningkatnya permintaan pelanggan dan kebutuhan untuk SUV murah dengan profil yang lebih tinggi, desain ramping dan mampu untuk memuat tujuh penumpang di perjalanan.
Kelebihan dan Kekurangan Honda BR-V

Sebagai satu-satunya SUV di lini produk Honda yang mempu mengangkut tujuh penumpang, menjadi kelebihan tersendiri dari Honda BR-V. Ground clearance yang tinggi dan banyaknya fitur fungsional di sisi eksterior dan interior membuat nilai jual BR-V lebih baik dibanding pesaingnya. Sementara di sisi kekurangannya adalah masih mengadopsi sistem penggerak roda depan sementara sebuah SUV sejati lebih umum menawarkan sistem penggerak empat roda, paling tidak sebagai opsional.

Spesifikasi dan Performa Honda BR-V

Honda BR-V dijejali mesin 1.500cc i-VTEC 4 silinder yang memiliki tenaga maksimum 120PS (88kW) pada 6.600 rpm dan torsi maksimum 145 Nm pada 4.600 rpm. Mesin ini diklaim mampu menghasilkan performa yang seimbang serta memberikan kenikmatan berkendara dengan efisiensi bahan bakar yang optimal termasuk ketika membawa banyak penumpang.

Menurut keterangan Honda, efisiensi bahan bakar dicapai dengan mengurangi gesekan antara tiap-tiap komponen mesin, serta penyempurnaan pada sistem pendinginan.

Demi memberikan akselerasi yang lebih halus dan pengemudian yang lebih baik, transmisi manual enam percepatan dikembangkan secara khusus untuk mesin Honda BR-V. Transmisi ini menghasilkan torsi yang tinggi dan memberikan perpindahan gigi yang lebih halus dengan kisaran rasio gigi lebih lebar yang sesuai dengan karakteristik mesin.

Gigi terakhir dapat dicapai pada rasio yang lebih rendah untuk meningkatkan performa saat akselerasi, sementara Honda secara eksklusif juga mengembangkan rasio yang rendah pada gigi kedua untuk meningkatkan kemampuan menanjak dan akselerasi yang lebih halus.

Sementara itu transmisi CVT pada Honda BR-V menghasilkan keseimbangan performa mesin yang responsif dari putaran rendah, namun tetap hemat bahan bakar bahkan di putaran tinggi sekalipun. Bobot transmisi dibuat lebih ringan meskipun kapasitas torsi dibuat lebih tinggi, sehingga menghasilkan gesekan yang lebih rendah demi meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Konsumsi BBM Honda BR-V
Honda BR-V memiliki rataan konsumsi bahan bakar yang berada di angka 12 km/liter untuk pemakaian mobil di dalam kota sementara untuk pemakaian mobil di luar kota bisa mencapai 20 km/liter.

Fitur Honda BR-V
Fitur Hiburan dan Kenyamanan
  • Power Window
  • One Touch Tumble 2nd Row
  • Double Blower AC
  • 50:50 Fold Down Third Row
  • Audio Steering Switch
  • Multi Information Display
  • Double Din Audio
  • Audio Display Monitor 6,1 Inci


Fitur Keamanan

  • G-CON + ACE™
  • ABS + EBD
  • Dual Front SRS Airbag
  • Prentensioner & Load Limiter Seatbelt
  • ISOFIX & Techer
  • Immobilizer & Security Alarm
  • Vehicle Stability Assist

Desain Honda BR-V

Fasia depan Honda BR-V merefleksikan karakter tangguh dan aksen premium sebuah SUV. Dari bentuk kap mesin, pilar samping hingga mengalir ke fender dan dibekali dengan ground clearance yang tinggi menunjukkan karakter SUV sesungguhnya. Keberadaan roof rail di atap akan memberikan fungsi tambahan sehingga tidak memakan ruang kabin.
Honda BR-V memiliki tiga baris tempat duduk yang dapat mengangkut hingga 7 orang dengan desain yang kompak dan sporty 'Solid Motion'.

Desain Interior

Ruang kabin Honda BR-V menghadirkan penataan ruang yang luas dan kenyaman terbaik di kelasnya. Kualitas interior tercermin dalam setiap material kabin yang memberikan kenyamanan dan aksen mewah.

Lantai mobil dirancang secara khusus untuk membuat ruang kaki penumpang depan menjadi lebih luas. Ada ruang untuk menyimpan barang di tengah bawah.

Bukan hanya ruang kaki, ruang lutut dan ruang kepala juga terasa sangat lapang pada baris kedua dan ketiga. Kursi baris ketiga bertipe 50/50 split yang dapat dilipat demi mengakomodasi ruang bagasi yang lebih luas.

Di sektor sirkulasi udara, sistem AC tengah berada diantara baris pertama dan kedua yang berfungsi memperlancar aliran udara ke seluruh area kabin.

Sisi pencahayaan di panel instrumen juga tidak ketinggalan ditata dan mendapat fitur Multi Information Display (MID) yang menunjukkan informasi seperti konsumsi bahan bakar, tripmeter, suhu di luar mobil, efisiensi bahan bakar dan jam dan dapat diakses hanya dengan menyentuh tombolnya.

Pilihan Warna


Ada beberapa pilihan warna yang ditawarkan mulai dari Taffeta White, Modern Steel Metallic, Crystal Black Pearl, dan tiga warna baru yaitu Misty Green Pearl, Lunar Silver Metallic dan Passion Red Pearl.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »